FGD Vaksinasi Covid-19 di Padukuhan Dengok Lor

suhari 30 Agustus 2021 16:04:52 WIB

Pacarejo (SIDA) - Pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum usai. Jumlah kasus covid-19 di Indonesia per tanggal 27 Agustus 2021 adalah 4,06 juta jiwa dan meninggal sebanyak 131 ribu jiwa. Protokol kesehatan seperti 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindarai kerumunan dan membatasi mobilitas masih harus dilaksanakan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Adanya lonjakan kasus membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan seperti pemberlakuan PPKM di Jawa dan Bali serta intervensi lain yang efektif melalui pemberian vaksinasi.

Vaksinasi merupakan prosedur pemberian suatu antigen penyakit berupa virus yang dilemahkan, sudah mati, atau hanya baguian dari virus tersebut. Tujuan vaksinasi adalah untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit tersebut.

Kesadaran Masyarakat unutk vaksinasi mulai mengalami peningkatan meskipun tidak semua mau dan berani mengikutinya. Oleh karena itu, Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat FKM Univet Bantara Sukoharjo, Sulisti dengan dosen pembimbing lapangan Ibu Nur Ani, S.K.M.,M.K.K.K. dengan tema MAS JALI atau "Mahasiswa Jaga Lingkungan" melakukan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) tentang Vaksinasi Covid-19 pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021 di Padukuhan Dengok Lor RT 01 RW 18, Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul.

"Beberapa yang belum vaksin dikarenakan adanya penyakit penyerta dan belum lolos skrining, ada yang karena takut dengan efek samping setelah vaksin dan ada pula yang menunggu jenis vaksin tertentu", ujar Sulisti.

Kegiatan Forum Group Discussion (FDG) dilaksanakan dengan melibatkan Dukuh, Tokoh Masyarakat, dan beberapa perwakilan dari Masyarakat. Pertemuan dilakukan dengan pembatasan peserta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menyediakan tempat cuci tangan dan handsanitizer, wajib memakai masker dan tempat duduk yang berjarak. Mahasiswa KKN juga bekerjasama dengan UPT Puskesmas Semanu II sebgai fasilitator FDGVaksinasi. Tujuan dari kegiata ini agar masyarakat mengetahui lebih mendalam tentang vaksinasi covid-19 sehingga meningkatkan kesadaran warga untuk mengikuti vaksinasi. Semakin banyak warga yang melakukan vaksinasi semakin cepat Herd Immunity atau kekebalan kelompok terbentuk sehingga pandemic covid-19 ini segera berakhir. Kegiatan Forum Group Discussion (FDG) vaksinasi mendapat respon bagus dari masyarakat, salah satunya Ibu Wabiyem yang mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga dalam menambah pengetahuan dan kemantapan untuk mengikuti vaksinasi.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar